Rabu, 25 April 2012

Tank

Salah satu peralatan tempur yang diandalkan dan tekologinya terus dikembangkan, baik pada masaPerang Dunia 1, Perang Dunia 2 maupun Perang Dingin yaitu Tank. Tank adalah kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Cirri utamanya yaitu: pelindung yang biasanya dibuat dari lapisan baja yang berat, senjatanya berupa meriam besar, serta mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan. Tank merupakan senjata darat paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern. Hal itu dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun dan efek mentalnya terhadap pasukan infanteri. Tank pertama kali dipakai paa Perang Dunia 1 untuk memecahkan kebuntuan perang parit. Kondisi pertempuran Perang Dunia 1 di front barat membuat Angkatan Darat Inggris berpikir untuk mengembangkan kendaraan yang bisa menyebrangi parit, menghancurkan kawat berduri, dan tidak mempan ditembak senapan mesin. Peran tank lama-kelamaan bereolusi menggantikan peran kavaleri.

Istilah tank (tangki) pertama kali muncul pada saat pembuatan pertamanya di pabrik-pabirik di Inggris. Guna merahasiakan pembuatannya para pekerja diberitahukan bahwa mereka sedang membuat sebuah kendaraan pengangkut air beroda rantai. Tank pertama kali digunakan oleh tentara Inggris dalam perang ketika Kapten H. W Mortimore membawa tank Mark 1 dalam pertempuran Somme pada 15 September 1916.

Pada perang Dunia 2 tank merupakan peralatan yang cukup diandalkan ooleh AD Jerman dalam mendukung berbagai operasi militernya. Teknologi tank pun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tank-tank Jerman terlihat begitu superior dalam berbagai pertempuran dalam menghadapi tank-tank Sekutu. Di akhir perang semua pihak secara drastis mengubah ukuran meriam dan pelindung tank.

Setelah Perang Dunia 2 dan memsuki Perang Dingin, negara-negara maju dan adidaya mengambil pelajaran dari Jerman dalam penggunaan kekuatan tank. Ditambah dengan ancaman perang nuklir kimia yang membuat tank dilengkapi perlengkapan perang nuklir dan kimia. Kemajuan dalam teknologi meriam dan amunisinya membuat tank semakin ditakuti, dan masing-masing negara berlomba-lomba untuk menyempurnakan teknologinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Favorit Pembaca Info Pendek

SEJARAH PEMIKIRAN MANUSIA TENTANG TUHAN

Pemikiran Barat atau manusia primitive              Proses perkembangan pemikiran manusia tentang tuhan menurut teori evolusionisme ada...